Serunya Penutupan Praktik Kerja Lapangan Program Studi Ekonomi Syariah

  • IMG-20180102-WA0007
  • Serunya Penutupan Praktik Kerja Lapangan Program Studi Ekonomi Syariah

Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Yudharta Pasuruan melakukan program Praktik Kerja Lapangan (PKL), PKL dilaksanakan di beberapa bank syariah yang telah menjadi mitra kerjasama, diantaranya Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPRS Kota Mojokerto, Bank Muamalat, dan beberapa BMT. Selama PKL, mahasiswa didampingi oleh manager bank untuk menerapkan beberapa materi perkuliahan diantaranya Manajemen Pembiayaan, Manajemen Dana Bank, Manajemen Pemasaran Produk Perbankan Syariah, dan Pelayanan Perbankan. Merekaè dipandu bagaimana melayani nasabah untuk pembiayaan, pemasaran produk, dan pendanaan bank. 6/1/2018

Banyak pengalaman yang diperoleh mahasiswa selama menjalani PKL, diantaranya mahasiswa memahami ritme kerja perbankan, dan pelayanan kepada nasabah. Selain itu mahasiswa juga dapat memperoleh informasi kebutuhan dan peluang kerja yang tersedia.

Dengan PKL ini diharapkan mahasiswa mampu menjadi SDM yang trampil yang akan mengisi kebutuhan tenaga kerja di perbankan. Di akhir PKL mahasiswa di haruskan membuat laporan tertulis hasil kegiatan tersebut, dan diwajibkan mengikuti ujian presentasi hasil kegiatan dihadapan tim dosen penguji.

Nizar selaku dosen Pendamping mengungkapkan “Universitas Yudharta Pasuruan sebagai lembaga perguruan tinggi siap mencetak sumber daya manusia yang profesional, berintegritas, inovatif, kreatif, disiplin dan didukung dengan akhlak Islami sebagai landasan bertindak dalam mengemban tanggung jawab di dalam dunia kerja. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kegiatan mahasiswa di masyarakat diperlukan adanya suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan mendidik mahasiswa, diantaranya kegiatan yang sangat membangun mahasiswa yakni diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL). Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan kerja mahasiswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu” saat penutupan PKL di BMT Al Yasini Pasuruan.

Aslikhah juga menyampaikan “Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan dapat membantu mahasiswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata dalam pengimplementasian ilmunya di dunia nyata”, dosen pembimbing lapangan kelompok BPRS kota Mojokerto.

Mungkin Anda juga menyukai