Tiga Dosen FAI Yudharta Ikuti Annual Conference on Research Proposal di Bogor

Annual Conference on Research Proposal (ACRP) merupakan suatu acara yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama, yang diikuti oleh Peneliti Keagamaan Islam, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), serta komunitas LP2M/P3M PTKI.

Dalam kesempatan ini, tiga Dosen Universitas Yudharta Pasuruan ikut dalam agenda tersebut, sebagai peserta yang lolos tahap satu untuk kategori penelitian, nama dosen tersebut diantaranya: Ahmad Marzuki, Mochamad Hasyim, dan Muhammad Nizar. Ketiga delegasi UYP tersebut merupakan perwakilan dari Fakultas Agama Islam UYP, dari prodi Pendidikan Agama Islam (Ahmad Marzuki), Pendidikan Bahasa Arab (Mochamad Hasyim), dan Ekonomi Syariah (Muhammad Nizar).

Dalam acara ACRP juga di hadiri oleh Menteri Agama, yaitu Lukman Hakim Syarifuddin,, beliau berharap penelitian yang dihasilkan, mampu memasok berbagai hal sebagai bahan dasar untuk para pemegang kebijakan mengambil keputusan, utamanya masalah-masalah agama dan keagamaan. “PTKIN adalah Institusi utama dan paling punya tanggung jawab dalam mempengaruhi pemegang kebijakan dalam penentuan aturan. Para cerdik pandai di PTKIN selayaknya, mampu memberikan masukan, penekanan, peneguhan dan berbagai persoalan agama dan keagamaan kita, khususnya Islam”uangkah Menteri Agama RI.

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi, mengatakan bahwa Kementerian Agama tahun ini telah menyiapkan anggaran sebesar 45,7 miliar untuk program penelitian. Anggaran itu akan diberikan kepada 881 proposal yang terpilih melalui proses seleksi.

Menurutnya, pengusul proposal riset dan publikasi ilmiah tahun anggaran 2018 mencapai 1.967 judul. Proposal yang masuk itu diseleksi secara administrasi dan validitas data hingga terpilih 1.490 judul. Tahap selanjutnya adalah penilaian reviewer secara daring (online) untuk mendapatkan proposal yang dinilai layak untuk diundang dalam ACRP.

Terakhir, dari proposal yang terjaring melalui review secara daring ini diuji kembali oleh Tim Reviewer berdasarkan kevalidan, orisinalitas, integritas akademis, dan kontribusinya terhadap dunia PTKI dan kehidupan keagamaan serta keindonesiaan.

“Hasilnya,  direncanakan ada 881 proposal yang dibiaya dengan total anggaran 45,7 M. Jadi, anggaran yang tersedia mampu membiayai 59.52% dari total yang mendaftar,” terang Suwendi dalam sambutan penutupan ACRP di hotel Aston Bogor.

Mungkin Anda juga menyukai