Visi & Misi

VISI

Menjadikan Program Studi Ekonomi Syari’ah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat dibidang Ekonomi Syari’ah dengan spirit religius pluralistik untuk mencetak sarjana profesional yang  humanistik dan berakhlakul karimah.

 

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dibidang ekonomi Syari’ah, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara sistematis dan terprogram guna mencetak sarjana yang memiliki jiwa mandiri, profesional, humanistik, berakhlakul karimah dan memiliki daya saing di dunia kerja dengan spirit religius pluralistik.

 

TUJUAN

Tujuan Program Studi Ekonomi Syari’ah adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana (S-1) dibidang ekonomi syari’ah yang memilki jiwa mandiri, profesional dan bertanggungjawab dibidangnya serta mampu menjadi suri tauladan dimasyarakat dengan spirit religius pluralisti.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana (S-1) dibidang ekonomi syari’ah yang mampu berdaya saing tinggi di dunia kerja, humanistik, berakhlakul karimah dengan spirit religius pluralistik.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Sasaran Pencapaiannya:

  1. Peningkatan lulusan berkualitas dibidang ekonomi Syari’ah yang kritis, jujur, siap bekerja di manapun dan dapat menyesuaikan diri dengan cepat dalam berbagai situasi.
  2. Peningkatan standar lulusan dengan IPK minimal 3,00 dengan waktu studi 4 tahun, mampu memecahkan persoalan dibidang ekonomi Syari’ah.
  3. Peningkatan SDM meliputi, meningkatkan kualitas SDM dosen berkualifikasi S3, meningkatkan dosen bersertifikasi, meningkatkan Jabatan Fungsional Dosen.
  4. Peningkatan kualitas pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan.
  5. Meningkatkan kompetensi dosen dibidang ekonomi syari’ah mendorong peningkatan penelitian, dan pengabdian dosen agar didanai oleh DIKTIS maupun DIKTI.

Sedangkan strategi yang dilakukan guna mencapai sasaran tersebut diatas adalah:

    1. Menyajikan kurikulum yang dirancang sesuai dengan sasaran yang akan dicapai dengan muatan kurikulum inti, institusional, dan pilihan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan dunia kerja. Serta menyelenggarakan proses pembelajaran yang demokratis, dinamis, dialogis, dengan mengedepankan nilai-nilai humanistik dan akhlakul karimah serta mengadakan studi banding dibeberapa lembaga keuangan syari’ah, pertemuan ilmiah setiap bulannya dengan menghadirkan para akademisi, maupun praktisi perbankan syari’ah.
    2. Memaksimalkan peran dosen pembimbing dengan menyusun jadwal pembimbingan secara terprogram, dan terencana agar mampu menghasilkan lulusan dengan IPK minimal 3,00 dengan tepat waktu studi (4 tahun).
    3. Merekomendasi dosen untuk studi lanjut S3, mendorong dan memfasilitasi bagi dosen-dosen ekonomi syari’ah yang belum memilki jabatan fungsional agar segera memiliki jabatan fungsional, serta mendorong dosen yang sudah memilki jafa untuk meningkatan kenaikan jabatan fungsionalnya hingga guru besar, serta memberikan kemudahan dan fasilitas dosen untuk bisa tersertifikasi secara nasional.
    4. Memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dan evaluasi hasil melalui inovasi teknologi pembelajaran dan teknologi informasi.
    5. Mengadakan seminar, workshop, pendampingan program keterampilan ekonomi Syari’ah dan pelatihan tentang peningkatan kompetensi dosen ekonomi syari’ah, penelitian dan pengabdian masyarakat.
INDIKATOR TARGET PENCAPAIAN
2015 2016 2017 2018 2019
Mahasiswa Lulus tepat waktu 80 85% 88% 90% 95%
Lama Studi 4 th 4 th 4 th 4 th 3,5 th
IPK di atas 3,00 80% 85% 88% 90% 95%
Kemampuan berbahasa inggris dan IT 30% 30% 40% 50% 80%
Prestasi Mahasiswa dalam kejuaraan ilmiah, olah raga, seni tingkat lokal, regional, dan nasional 5% 5% 10% 10% 50%
Jumlah proposal PKM 10% 10% 20% 30% 80%
Peningkatan JAFA Dosen 15% 20% 35% 40% 90%
Peningkatan Dosen Tersertifikasi 10% 30% 50% 60% 90%
Peningkatan kualifikasi akademik  (Dosen S3) 10% 10% 17% 30% 50%
Peningkatan Jumlah penelitian Dosen yang didanai DIKTI 10% 30% 30% 50% 50%
Peningkatan Jumlah pengabdian masyarakat Dosen yang didanai DIKTI 10% 10% 30% 30% 50%
Jumlah Publikasi Ilmiah di Jurnal Nasional Terakreditasi 10% 30% 30% 50% 90%
Jumlah Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Terakreditasi 10% 10% 10% 30% 30%
Jumlah Sarana Laboratorium 3 4 5 6 7